header-int

Sekilas Tentang Lembaga

Share

Penggagas awal ide Pendirian Akademi Kebidanan Muhammadiyah Kotim adalah dr.H.Suryo Supraptono, M,Kes.) selaku eksekutor pendirian BP Muhammadiyah dan Koordinator BP Muhammadiyah Sampit (saat itu sebagai Kasubdin Dinas Yankes Dinas Kesehatan dan merangkap sebagai Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur Sampit), tahun 2004.

Ide tersebut disampaikan kepada Drs.H.Mukhlan Sapri, MM salah seorang Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sampit. Namun Dr. H. Mukhlan Sapri, MM, berkeinginan bukan AKBID melainkan AKPER. Tetapi penggagas awal menyarankan sebaiknya Akbid dan sekaligus meminta beliau sebagai eksekutor ide tersebut. Ide diterima karena setelah penggagas berkoordinasi dengan teman dekat sejawat dr.Iman Asyikin Hidayat,MHA di Depkes Jakarta (saat itu sebagai Kepala PPSDM-Depkes) dan juga disampaikan kepada Ketua Muhammadiyah Daerah Bapak Drs.H.Taufik Mukri, SH, MM (saat itu sebagai Ketua Bappeda) yang mendukung sepenuhnya ide tersebut. Alasan lain bukan mendirikan Pendidikan AKPER tetapi Akbid Muhammadiyah Kotim juga agar tidak menyaingi AKPER yang sudah ada milik Pemda serta mengingat tenaga bidan di daerah perifer pada umumnya sangat kurang dan banyak menumpuk di perkotaan. Saran diterima oleh Drs.H. Mukhlan Sapri, MM . Selanjutnya diminta. Drs.H.Mukhlan Sapri, MM sebagai eksekutor, mengingat beliau adalah salah seorang tokoh yang cukup berpengaruh.

Sebagai realisasi Drs.H. Mukhlan Sapri, MM dan kawan-kawan tanggal 18 Juli 2006, mendirikan lembaga pendidikan. Pada tanggal 26 Juli 2006, diadakan rapat. Dalam rapat tersebut disamping dari Pengurus Daerah Muhammadiyah Kotawaringin Timur juga diikuti oleh para tokoh beserta pendidik lainnya yaitu: .

1)      Drs. H. Mukhlan Sapri, MM (Selaku Penggagas pendirian Akbid Muhmmadiyah Kotim, sekaligus Unsur Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kotim).

2)      Drs. M. Jazuli (Unsur Pengurus Pimpinan Daerah Muhammdiyah Kotim).

3)      Mudlafar, SH (Unsur Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kotim).

4)      dr.H.Suryo Supraptono, M.Kes (Unsur Pengurus Pimpinan Daerah Muhammdiyah Kotim).

5)      Drs. Yuwono Priadi, MM (Anggota Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kotim).

6)      Suyoto, SKp, M.Kes (Praktisi Pendidikan Kesehatan).

7)      Ana Mumiati, A.Kep, MM (Praktisi Pendidikan Kesehatan).

8)      Nande, SST (Praktisi Pendidikan Kesehatan).

9)      Djulhaidi (Anggota Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah).

 

Dalam rapat tersebut disepakati: Pendirian Akademi Kebidanan (Akbid) Muhammadiyah Kotim.

Tenaga Dosen/Pengajar yang pada waktu itu diambil sebagian besar dari Palangka Raya dan Kabupaten Kapuas, mengingat tenaga dosen lulusan Bidan (D IV), di Kab. Kotim tidak ada. Kesepakatan rapat didukung pula oleh rekomendasi berbagai pihak yaitu Bupati Kotawaringin Timur, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Propinsi Kalimantan Tengah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kotim, Dinas Kesehatan Kab. Kotim, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kotim, RSUD dr. Muijani Sampit, Ikatan Dokter Indonesia Kab.Kotim, Ikatan Bidan Indonesia Kab. Kotim.

Berdasarkan hasil kesepakatan dan dukungan tersebut, kemudian pihak penggagas (pemberi ide/pemikiran dan eksekutor/ketua) sesuai dengan ketentuan akan melengkapi persyaratan-persyaratan Administrasi dan juga persyaratan lainnya yaitu pembentukkan Struktur Organisasi, Tenaga Dosen/Pengajar, Ruang Belajar, Laboratorium dan Perpustakaan serta kelengkapan Sarana/Prasarana lainnya sebagai persyaratan yang wajib dipersiapkan dalam menghadapi Visitasi dari BPSDM Departemen Kesehatan RI.

Akhirnya oleh Departemen Kesehatan RI Jakarta dalam hal ini BPSDM mengadakan Visitasi dan selanjutnya Akademi Kebidanan Muhammadiyah Kotim mendapat Rekomendasi dari BPSDM Departemen Kesehatan tanggal 26 Desember 2006 Nomor : 2604/D2.2/2006 tentang Pertimbangan/Rekomendasi Pembukaan Studi dan Pendirian Akademi Kebidanan Muhammadiyah Kotim. Kemudian ditindak lanjuti ke Menteri Pendidikan Nasional RI.

Setelah itu terbitlah Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yaitu: Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program Studi Kebidanan (D III) dan Pendirian Akademi Kebidanan Muhammadiyah Kotim diberikan pertama kali dengan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor:188/D/O/2007   tanggal 1 Oktober 2007 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program Studi Kebidanan (D III) dan Pendirian Akademi Kebidanan Muhammadiyah Kotim di Sampit diselenggarakan oleh PDM Kabupaten Kotawaringin Timur di Sampit.

Dan akhirnya pada tanggal 1 Oktober 2007 berdirilah Akademi Kebidanan Muhammadiyah Kotim. Lokasi awal di Jalan RA. Kartini satu komplek dengan BP Muhammadiyah.

·   Selanjutnya terbit Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Kebidanan D III pada Akademi Kebidanan Muhammadiyah Kotim diberikan oleh Dirjen Dikti dengan surat no 3124/D/T/K_XI/2009  tanggal 18 Agustus 2009 yang berlaku sampai dengan 18 Agustus 2012.

·       Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 001/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/IV/2012 tanggal  27 April 2012  tentang Status, Nilai, Peringkat, dan masa berlaku Hasil Akreditasi Program Diploma di Perguruan Tinggi ditetapkan Akademi Kebidanan Muhammadiyah Kotim diberikan : nilai 233 dengan Peringkat C dan berlaku sampai dengan 27-04-2017

·       Selanjutnya melakukan Akreditasi kembali ke Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) berdasarkan SK Nomor: 001/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/IV/2012 tanggal  27 April 2012  tentang Status, Nilai, Peringkat, dan masa berlaku Hasil Akreditasi Program Diploma di Perguruan Tinggi ditetapkan Akademi Kebidanan Muhammadiyah Kotim diberikan : nilai 254 dengan Peringkat C dan berlaku sampai dengan 29-01-2021 

Akademi Kebidanan Muhammadiyah Kotim
FAX : 5312065211
TELP : 5312065211
EMAIL : akbidmuhkotim@gmail.com